HELP & DOKUMENTASI
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstruktur
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh :
SILVIA NETRI : (2512.136)
EKI AFRILIAN : (2512.146)
FAHRIL SYAHWELI : (2512.019)
OKFI RESTY : (2512.
Dosen Pembimbing :
ERIL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (STAIN)
SJECH M.DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
2014 M/1435 H
HELP DAN DOKUMENTASI
Tinjauan
·
User mempunyai perbedaan kebutuhan
·
User support seharusnya :
o
Tersedia tetapi tidak mencolok
o
Akurat dan kuat
o
Konsisten dan fleksibel
·
Jenis-jenis user support :
o
Command based methods
o
Context-sensitive help
o
Tutorial help
o
On-line documentation
o
Intelligent help
·
Merancang user support harus
memperhatikan :
o
Presentasi
o
Implementasi
Pendahuluan
Ada
sebagian pendapat menyatakan bahwa system yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau
training. Hal ini mungkin ideal akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan
yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan
bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ini ke dalam system.
·
Ada empat jenis bantuan yang dibutuhkan
user :
o
Quick reference
Digunakan sebagai pengingat untuk user
dari suatu yang detail yang secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
o
Task-specific help
Membantu user menghadapi masalah atau
tidak pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus
o
Full explanation
Suatu alat bantu atau perintah yang
dapat membantu memahami secara lengkap.
o
Tutorial
Khusus
untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step.
·
Kebutuhan dari user support
o
Availability
User dapat menggunakan bantuan pada
setiap waktu selama berinteraksi dengan system
o
Accuracy dan completeness
Bantuan ini seharusnya menyediakan
kekakuratan dan kelengkapan system bantuan.
o
Consistency
Seperti diketahui bahwa user
membutuhkan jenis-jenis yang berbeda dari bantuan untuk digunakan pada kegunaan
yang berbeda. Hal ini dapat secara tidak langsung menyebabkan system bantuan
tidak dapat bekerja. Sistem bantuan menyediakan harus konsisten terhadap semua
system yang ada dan juga pada system itu sendiri.
o
Robustness
Sistem bantuan ini biasanya digunakan
oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena system mempunyai perilaku yang
tidak dia harapkan atau mempunyai kesalahan. Hal ini sangat penting dimana
system bantuan seharusnya kuat baik dalam hal menangani kesalahan dan perilaku
yang tidak diharapkan.
o
Flexibility
System bantuan yang fleksibel akan
membuat setiap user dapat beinteraksi dalam mencari sesuatu yang sesuai
dibutuhkannya.
o
Unobtrusiveness
System
ini seharusnya tidak mencegah user dalam melanjutkan pekerjaannya.
·
Pendekatan-pendekatan user support
o
Command assistance
Mungkin pendekatan yang umum untuk user
support adalah menyediakan bantuan pada level command, user yang membutuhkan
bantuan pada command yang khusus dan ditampilkan pada layar bantuan atau pada
manual page yang menjelaskan tentang command tersebut.
Contoh
pada UNIX man help dan DOS help command.
o
Command prompts
Menyediakan
bantuan ketika user menemukan kesalahan yang sering terjadi dalam bentuk prompt
perbaikan
o
Context-sensitive help
Berbentuk menu based system yang
menyediakan bantuan pada menu option. Contoh spy editor help command dan
Macintosh ballon help.
o
On-line tutorial
Mengijinkan user bekerja melalui
aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan sesuai
dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan.
Kebanyakan on-line tutorial tidak mempunyai intelligent karena tidak mempunyai
pengetahuan tentang user dan pengalaman user sebelumnya.
o
On-line documentation
Membuat efektif dengan membuat
dokumentasi tersedia di komputer.
·
Intelligent help system
Dioperasikan untuk memonitoring
aktivitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan user. Model ini
termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi dari semuanya.
o
Knowledge representation : user
modelling
o
Quantification
Model
yang sederhana dari user modelling yang menggunakan jumlah tingkatan dari
keahlian yang akan merespon ke arah yang berbeda.
Contoh
Move from Level 1 to Level 2
If
The
system has been used more than twice (0.25)
Commands
x and y have been used effectively (0.20)
Help has not been accessed this
session (0.25)
The system has been used in the last 5 days
o
Stereotypes
Berbasiskan
pada karakteristik user dan kemungkinan sederhana seperti membuat perbedaan
antara user baru dan user yang ahli. Atau yang lebih kompleks seperti membuat
stereotype yang berbasiskan pada lebih dari satu informasi.
o
Overlay models
Merupakan model yang ideal yang
membandingkan perilaku user. Hasilnya ditampilkan dalam dua model atau
perbedaan. Keuntungan dari model ini dapat melihat secara pasti bagian dari
aktivitas suatu system.
Pendekatan yang sama digunakan pada
error based model dimana system menyimpan rekaman kesalahan dan perilaku sebenarnya dari user serta
membandingkannya
·
Knowledge representation : domain and
task modelling
Pendekatan
yang umum dari masalah ini adalah untuk mewakili tugas user dari urutan
perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user,
command digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang telah disimpan dan
mencocokan dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak cocok maka
dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada system PRIAM.
·
Knowledge representation : modelling
advisory strategy
Sistem
ini kadang disebut dengan intelligent help yang membuat modelling advisory atau
strategi tutorial. Pada system ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat yang
cocok untuk user tetapi juga menggunakan metode yang cocok.
·
Teknik untuk knowledge representation
Terdapat empat group utama dari teknik
yang digunakan dalam knowledge representation untuk intelligent help system :
o
Rule based techniques
Pengetahuan
digunakan untuk mewakili sekumpulan aturan dan kenyataan. Teknik ini digunakan
untuk domain yang relatif besar dan dapat mewakili kegiatan yang menampilkan
pengetahun.
Contoh:
IF
Command is EDIT file1
AND
Last command is COMPILE file1
THEN
Task is DEBUG
action is describe automatic debugger
o
Frame based technique
Digunakan
untuk mewakili situasi yang umum terjadi.
Frame
merupakan suatu struktur yang berisi slot yang diberi label yang mewakili cirri
yang berhubungan.
Contoh
:
User
Expertise level : novice
Command : EDIT file1
Last command : COMPILE FILE1
Errors this session : 6
Action : describe automatic
debugger
o
Network based techniques
Mewakili
pengetahuan tentang user dan system yang merupakan hubungan antara kenyataan.
Contoh
yang paling umum adalah semantic network.
Network
merupakan suatu hirarki dan child dapat berhubungan dengan parent-nya
Contoh
compile yang dapat diperluas dengan semantic network :
CC is an instance of COMPILE
COMPILE is a command
COMPILE is related to DEBUG
COMPILE is related to EDIT
Automatic debugger facilitates DEBUG
o
Example based technique
Mewakili
pengetahuan yang secara implicit dengan
struktur keputusan dari suatu klasifikasi system.
Contoh
:
EDIT file1
COMPILE file1
·
Masalah dengan knowledge representation
dan modelling
Pengetahuan
mewakili suatu issue pusat dalam intelligent help system tetapi tidak tanpa
masalah itu sendiri. Pengetahuan kadang sulit didapatkan, terutama jika ada
domain yang expert tidak tersedia.
Masalah
lain adalah mengintepretasikan informasi yang cocok.
·
Masalah lain
o
Inisiatif
Haruskah
user mempertahankan pengawasan yang lengkap terhadap system,
Haruskah
system langsung berinteraksi atau
Haruskan
penggabungan dialog didukung ?
o
Effect
Para
perancang seharusnya memperhatikan efek dari modelling dan adaptasi
o
Scope
Para
perancang perlu memperhatikan scope dari bantuan dimana digunakan pada level
aplikasi atau system yang luas.
·
Merancang user support system
Terdapat
banyak cara untuk merancangnya dan semua itu diserahkan pada perancang untuk
memilih cara yang terbaik akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah :
o
Perancangannya seharusnya tidak seperti
“add-on” pada system. Secara ideal seharusnya merupakan bagian integral dalam
sistem
o
Perancang harus memperhatikan isi dari
bantuan dan konteks sebelum teknologi tersedia
o
Masalah presentasi
§ How
is help requested ?
Pilihan
pertama bagi perancang untuk membuat bagaiman bantuan dapat diakses oleh user.
Terdapat beberapa pilihan. Bantuan ini dapat berupa command, button fungsi yang
dapat memilih on atau off atau aplikasi yang terpisah.
§ How
is help displayed?
Bagaimana
bantuan akan dapat dilihat oleh user. Dalam system window mungkin ditampilkan
dalam window yang baru. Dalam system lain mungkin dalam layar yang penuh atau
bagian dari layar. Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box atau tingkat
command line
§ Effective
presentation of help
Tidak menjadi masalah teknologi apa
yang digunakan untuk membuatnya akan tetapi yang perlu diperhatikan dan menjadi
suatu prinsip yakni keefektifan.
·
Masalah implementasi
- Para perancang harus membuat keputusan untuk implementasi berupa secara fisik maupun pilihan yang tersedia untuk user. Keputusan ini sudah termasuk dalam pertanyaan command operating system, apakah berbentuk meta-command atau applikasi? Hambatan fisik berupa screen space, kapasitas memori dan kecepatan.
- Masalah lain adalah bagaimana struktur data bantuan : apakah berbentuk single file, hierarchy file atau database ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar