BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Komputer merupakan alat modern yang
tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan
pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer
semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai
manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari
teknologi, khususnya teknologi komputer.
Proses sebagai suatu entitas yang
dinamis mengandung sejumlah instruksi, data, prgram counter, kumpulan register
serta stack yang berisi alamat memori. Proses juga dapat dikatakan sebagai
program yang sedang dieksekusi (program aplikasi / sistem operasi). Proses
dapat dikatakan sebagai unit kerja terkecil yang secara individu memiliki
sumber daya – sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.
Dengan demikian sistem operasi mempunyai kegiatan yang sangat kompleks dalam mengelola seluruh sumber daya dan memberikan pelayanan terhadap proses – proses sesuai kebutuhan.
Dengan demikian sistem operasi mempunyai kegiatan yang sangat kompleks dalam mengelola seluruh sumber daya dan memberikan pelayanan terhadap proses – proses sesuai kebutuhan.
B.
Rumusan
Masalah
Dari latar
belakang di atas maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu;
1.
Apa itu dialog?
2.
Apa saja yang harus
diperhatikan dalam notasi desain dialog?
3.
Apa yang dimaksud
dengan dialog tekstual?
4.
Apa itu notasi semantic
dialog?
5.
Apa saja pendekatan
desain dan analis dialog?
C.
Tujuan
Penulisan
Tujuan penilisan dari makalah ini
yaitu Menambah Wawasan penulis dan sipembaca serta untuk melengkapi salah satu
tugas terstruktur pada mata kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Dialog
Dialog dalam arti umum yaitu percakapan
antara dua kelompok atau lebih, sedangkan dialog dalam konteks perancangan user
interface yaitu struktur dari percakapan antara user dan komputer.
Pada IMK dan komputer, bahasa komputer
dapat dibagi atas tiga tingkatan;
1. Leksikal
merupakan tingkat yang paling rendah yaitu bentuk icon pada layar tombol yang
ditekan. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.
2. Sintaksis
yaitu urutan dan struktur dari input dan output. Pada bahasa manusia, ekuivalen
dengan grammar suatu kalimat.
3. Simantik
yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data
internal komputer dan dunia eksternal.Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan
arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan.
Dialog
manusia dan komputer pada umumnya berbeda dengan dialog antar manusia, dialog
dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas.
Karakteristik
Dialog User- Sistem Komputer;
·
Partisipan harus
menyebutkan dialognya dalam urutan yang jelas.
·
Beberapa dialog telah
ditetapkan sebelumnya.
·
Beberapa bagian
tertentu dari dialog dilakukan secara bersamaan.
·
Umumnya dialog berikutnya
bergantung pada respon partisipan.
B.
Notasi
Desain Dialog
Dalam
desain dialog harus diperhatikan beberapa hal yaitu;
1. Rangkaian
dialog mempresentasikan struktur tugas.
2. Beberapa
rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya help system,
tutorial sub system .
3. Rangkaian
dialogdiurutkan sesuai struktur tugas
DFD
Desain dialog
C.
Notasi
Diagramatik
Notasi diagramatik merupakan bentuk yang
paling sering digunakan dalam desain dialog. Kelebihan dalam bentuk ini adalah
memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog sedangkan
kelemahannya sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan
kompleks.
Ada 5 metode yang digunakan untuk notasi
dramatic, yaitu;
1.
State
Transition Network (STN).
Komponen STN:
·
Lingkaran,
menggambarkan "state" dari system.
·
Tanda panah, yang
terdapat antara state disebut juga transisi.
Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan
tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan response dari system.
STN dapat menggambarkan beberapa pilihan
dialog:
·
Urutan tindakan dan
response dari sistem (sequence)
·
Pilihan bagi user
(choice)
contoh: dari state Menu, user dapat memilih
"Circle" sehingga sistem berpindah ke state Circle-1 sehingga option
"Circle" highlight; alternatif lain, user dapat memilih
"Line" sehingga sistem berpindah ke state Line-1.
·
Iterasi (iteration)
contoh: terdapat pilihan dari state Line-2: user
dapat melakukan double click pada suatu titik dan menyelesaikan polyline,
berpindah ke state Finish; atau user dapat melakukan single click yang berarti
menambah titik baru pada polyline sehingga terjadi transisi kembali ke state
Line-2.
Contoh Pada Gambar
2.
Hirarchical
State Transition Network
Karakteristiknya yaitu;
·
Digunakan untuk
deskripsi sistem yang lebih lengkap.
·
Mirip dengan STN,
dengan fitur tambahan berupa gabungan state (composit state).
·
Digunakan untuk system
yang besar.
Contohnya; Pada drawing
tool terdapat 3 sub-menu yaitu grapich, text dan paint.
3.
Harel
State Chart
Karakteristiknya yaitu;
·
Digunakan untuk
spesifikasi system reaktif yang kompleks secara visual.
·
Mampu mengakomodasi
masalah seperti concurrency dan escape.
Contohnya; Panel kendali TV dengan 5 tombol kendali
( On, Off, Mute, Set, Reset).
4.
Flow
Chart
Karkteristiknya yaitu;
·
Mendeskripsikan dialog
yang sederhana .
·
Sederhana dan mudah dimengerti.
·
Merefleksikan sudut pandang
programer dari pada user.
5.
JSD
Diagram
Karakteristiknya yaitu;
·
Jackson Stuctured
Design digunakan untuk berbagi aspek dari analisis tugas dan desain dialog.
·
Digunakan untuk system
yang sederhana, terbatas dan berbasis menu.
- NOTASI TEKSTUAL
Dalam notasi tekstual ada 3 metode
yang digunakan, yaitu;
1.
Tata
Bahasa / Grammer
Notasi dialog tekstual focus pada aksi yang
dilakukan oleh user. Ada 2 jenis grammer yaitu BNF, Regular Expression.
Karakteristiknya yaitu;
·
Regular Expression
banyak digunakan untuk mendeskripsikan kriteria pencarian tekstual yang
kompleks.
·
Regular Expression
digunakan untuk analisis leksikal bahasa pemograman
·
Regular Expression dan BNF
tidak digunakan untuk mere-presentasikan councurency dialog.
2.
Aturan
Produksi
Bentuk umumnya if conditional then action, karena menggunakan if kondisi then.
Karakteristiknya yaitu;
·
Berorientasi pada
event, state atau gabungan keduanya,
·
Baik untuk task
parallel bukan task sequence.
3.
CSP
dan Proses Aljabar
Digunakan untuk proses sekunsial
(urut) pada natural langange based dan bersama-sama . Misalnya dalam penggunaan
mouse, keyboard dan draw menu secara bersama-sama.
- SEMANTIK DIALOG
Biasanya structur dialog bersifat
sintaksis, dialog semantic memberi tambahan catatan dialog formal mengenai arti
suatu aksi dan user dibiarkan menginterpretasikan sendiri.
Ada 2 aspek dalam dialog aplikasi
dan user, pendekatan yang dilakukan ;
1. Spesifikasi
notasi semantik untuk spesial purpose
2. Berhubungan dengan bahasa
pemrograman dengan menyertakan beberapa koding dalam notasi dialog
3. Berhubungan dengan spesifikasi notasi formal.
F.
DESAIN DAN ANALISIS DIALOG
Ada 3 pendekatan dalam perancangan
dialog:
1. Berfokus pada aksi user; apakah terspesifikasi
dengan baik
2. Memperhatikan kondosi dialog
3. Isu presentasi dan leksikal; bagaimana tampilan
dan fungsi tombol
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Dialog dalam arti umum yaitu percakapan
antara dua kelompok atau lebih, sedangkan dialog dalam konteks perancangan user
interface yaitu struktur dari percakapan antara user dan komputer.
Dalam
desain dialog harus diperhatikan beberapa hal yaitu;
·
Rangkaian dialog
mempresentasikan struktur tugas.
·
Beberapa rangkaian
dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya help system, tutorial
sub system .
·
Rangkaian dialogdiurutkan
sesuai struktur tugas.
Notasi
Diagramatik
Metode yang digunakan untuk notasi
dramatic, yaitu;
·
State
Transition Network (STN).
·
Hirarchical
State Transition Network
·
Harel
State Chart
Notasi dialog tekstual
Dalam notasi tekstual ada 3 metode
yang digunakan, yaitu;
·
Tata
Bahasa / Grammer
·
Aturan
Produksi
·
CSP
dan Proses Aljabar
- Saran
Penulis menyadari banyak terdapat kekeliruan dalam
penulisan makalah ini, maka penulis mengharapkan masukan dan kritikan yang
membangun dari para pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Atas masukan kritikan dan sarannya penulis ucapkan terima
kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Irfan Subakti – Notasi Dialog – 6.pdf.
Danang Lelono, S.Si., M.T – Notasi Dialog.ppt.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar