Kamis, 11 Desember 2014

Materi 2



BAB I
PENDAHULUAN

    A.    LATAR BELAKANG
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer.
Proses sebagai suatu entitas yang dinamis mengandung sejumlah instruksi, data, prgram counter, kumpulan register serta stack yang berisi alamat memori. Proses juga dapat dikatakan sebagai program yang sedang dieksekusi (program aplikasi / sistem operasi). Proses dapat dikatakan sebagai unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya – sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.
Dengan demikian sistem operasi mempunyai kegiatan yang sangat kompleks dalam mengelola seluruh sumber daya dan memberikan pelayanan terhadap proses – proses sesuai kebutuhan.
   B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat di rumuskan masalahnya sebagai berikut yaitu :
1.      Alat Output dan Input
2.      Sort Term Memory (STM) & Long Term Memory (LTM)
3.      Proses
   C.  Penulisan
Tujuan penilisan dari makalah ini yaitu Menambah Wawasan penulis dan sipembaca serta untuk melengkapi salah satu tugas terstruktur pada mata kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer.





BAB II
PEMBAHASAN

    A.    ALAT INPUT DAN OUTPUT
Di dalam bidang komputer, Unit Input/Output  atau sering juga disingkat  (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor komunikasi antara sistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar, yang memungkinkan manusia atau sistem lain pengolahan informasi.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini atau sinyal (data) yang diterima oleh sistem, contohnya, data yang berasal dari keyboard atau mouse.
Sementara, Unit output merupakan sinyal atau data yang dikirim dari input. Output biasanya, digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Macam-Macam Alat Input Komputer
No
Gambar Alat
Nama Alat
Fungsi
1.
Keyboard
Berfungsi memasukkan huruf, angka,    karakter khusus serta sebagai media bagi  user (pengguna) untuk melakukan  perintah-perintah lainnya yang  diperlukan.
2.
Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer  atau kursosr secara cepat serta mengatur  posisi kursor di layar
3.
Scanner
Berfungsi untuk mengopi atau menyalin  gambar atau teks yang kemdian disimpan  dalam memori komputer. Scanner  sebenarnya terbagi atas beberapa jenis  menurut fungsinya. ada yang berfungsi  memindai tulisan dan menyimpannya  dalam format teks, ada yang berfungsi  untuk memindai dan menyimpan dalam  format picture, ada pula yang berfungsi  untuk memindai warna hitam seperti  yang  dilakukan alat periksa kertas ujian.
4.
Joystick
Umumnya digunakan sebagai pelengkap  untuk memainkan permainan video yang  dilengkapi lebih dari satu tombol
5.
Touch pad
Fungsinya sebagai penggerak kursor pada  monitor melalui stimulasi gerakan jari  yang menyentuh touchpad tersebut
6.
Track ball
Menyimulasikan pergerakan vertikal  mouse, sehingga pengguna tidak perlu  menggerakkan mouse berulang kali untuk  dapat menaikkan atau menurunkan layar
7.
Light Pen
Untuk memodifikasi atau mendesain  gambar dengan screen
8.
Camera digital
Menangkap obyek gambar yang akan  ditampilkan ke layar komputer untuk  diproses lebih lanjut
9.
Handy cam
Merekam gambar yang akan ditampilkan  ke layar monitor untuk diproses lebih  lanjut
10.
Webcam
Digunakan untuk konferensi video jarak    jauh atau sebagai kamera pemantau.
11.
Microphone and headphone
Microphone berfungsi untuk merekam  suara yang akan disimpan dalam memori  komputer, selain itu kita juga dapat  berbicara dengan orang lain pada saat  chatting. Headphone berfungsi untuk  mendengarkan suara
12.
Graphics Pads
Untuk menggambar objek pada monitor
13.
Barcode
Berfungsi untuk membaca suatu kode  yang berbentuk kotak-kotak atau garis-  garis tebal vertikal yang kemudian  diterjemahkan dalam bentuk angka-angka
Macam-Macam Alat Output Komputer
No
Gambar Alat
Nama Alat
Fungsi
1.
Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.
2.
Printer
Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi
3.
Plotter
Digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang  cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi  bangunan
4.
Speaker
Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara
5.
Proyektor
Berfungsi menampilkan bayangan sebuah  gambar positif yang dapat ditembus  cahaya.


   B.     SHORT TERM MEMORY (STM) dan LONG TERM MEMORY (LTM)
Seperti hal nya manusia, memori komputer dapat dikategorikan dalam dua kelompok yaitu : memori jangka pendek ( short term memory / STM) dan memori jangka panjng ( long term memory / LTM ).
Short Term Memory (STM)
Memori komputer pada level yang paling rendah adalah register. Informasi yang sedang aktif disimpan dalam random akss memori (RAM). RAM dibedakan berdasarkan waktu akses , penggunaan energi dan karakteristik nya. Kebanyakan Ram bersifat Volatil. Ada beberapa Ram yang bersifat non volatile  yang didikung dengan penggunaan baterai kecil. RAM jenis ini digunakan untuk menyimpan informasi awal pada komputer besar dan berupa memori pocket organizer.
Long Term Memory (LTM)
Kebanyakan komputer menggunakan LTM yang terdiri dari disk dan tape untuk back up. Terdapat dua jenis teknologi utama yang digunakan disk, yaitu magnetic disk dan optical disk. Media penyimpanan yang paling umum, floppy disk dan hardisk menyimpan informasi dalam bidang yang dilapisi bahan magnetik. kapasitas penyimpanan floppi disk berkisar antara 300 Kbytes hingga 1.4 Mbytes. Hardisk memiliki kapasitas yanng lebih besara lagi. Optical disk menggunakan sinar laser untuk membaca dan menulis informasi. CD-ROM merupakan contoh device optical disk yang sederhana. Optical disk bagkanb dapat menyimpan data dalam kapasitas  yang lebih besar  lagi dibandingkan media magnetik disk.
Kapasitas media penyimpanan

STM
LTM
Media
RAM
HARD DISK
Capacity
Mbytes
Gbytes
Access time
200 ns
10 ms
Transper rate
10 Mbytes /s
100 Kbytes/s

   C.  PROSES PADA KOMPUTER
Komputer terdiri dari sekelompok peralatan serta instruksi / program yang satu sama lainnya tidak bisa dipisahkan, baik diantara peralatan itu sendiri maupun antara peralatan dengan instruksi / program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu dengan lainnnya.
Booting dapat diartikan sebagai proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses.                                                               
Selain itu arti BIOS pun perlu dipahami. BIOS (Basic Input Output System) adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware.
Urutan Proses Booting :
  1. Saat komputer dihidupkan, processor menjalankan BIOS, dan kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar.
  2. BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi. 
  3. Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.
Proses Booting ada dua macam, yaitu :
  1. Cold booting, yaitu booting komputer dari keadaan mati.
  2. Warm booting, yaitu booting komputer pada saat komputer sudah hidup(mendapat suplai listrik).
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut diantaranya:
  1.   Power Supply berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti: motherboard, harddisk, floppy disk dan CD Room. Power supply mempunyai 2 jenis, yaitu: power supply jenis AT dan power supply jenis ATX.
  2.  Motherboard adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti: RAM, prosessor, VGA Card, LAN Card dan perngkat yang lain. Motherboard sendiri didukung oleh beberapa chispset yang berfungsi untuk mendukung kinerja komputer. 
  3. CPU atau Prosessor CPU atau adalah otak dari komputer, komponen ini berfungsi sebagai pengendali proses pada komputer. Satuan dari kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga semakin besar nilainya maka semakin cepat kecepatan akses prosessor.
  4.  Memori (RAM) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitan RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer. 
  5. Harddisk merupakan media penyimpanan pada komputer yang bersifat permanen. Harddisk digunakan untuk menyimpan data dan program dengan skala besar. 
  6. VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemroses grafis, sehingga semakin bagus VGAnya maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. 
  7. Sound Card berfungsi untuk memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bisa memasukkan data berupada suara atau mengeluarkan output berupa suara.
Proses Komputer   yang   menjalankan   program   interakstif   dapat   memproses 10 jutainstruksi  per  detik. Kecepatan  pemrosesan  dapat  mempengaruhi  sistem  interaktif.  Haliniharus   diperhitungkan   dalam   merancang   sebuah   sistem   interaktif.   Adabeberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pemrosesan sistem interaktif,yait
  • Komputasi.  Hal  ini  jarang  terjadi  dalam  program  interaktif,  namun  bukan  berartii  tidak mungkin.            Contohnya,     jika      menggunakan  fungsi  mencari(find)     atau   mengganti  (replace) pada sebuah dokumen yang besar, jangan sampai terjadi waktu tunggu yang lama.  Ada  baiknya  user  diberitahu  mengenai  progres  suatu  proses  atau  pada saatawal akan dilakukan proses user diberikan gambaran mengenai waktu proses. 
  • Saluran   penyimpanan   (storage   channel).   Kecepatan   akses memori dapat berpengaruh  terhadap  sistem  interaksi.  Jika  banyak  dilakukan  komputasi  dan  prosesditangani  oleh  memori  maka  dimungkinkan  untuk  mengatur  penggunaan  memori  dankecepatan. Sebagai contoh, data yang terkompresi akan memakan tempat yang sedikitdan  dapat  dibaca  atau  dikeluarkan  (output)  dengan  cepat,  namun  harus  dikomprespada  saat  akan  disimpan  dan  dikompres  pada  saat  akan  diambil.  Sehinga  kecepatanakses  memori  yang  cepat  mengakibatkan  waktu  proses  yang  lebih  lama.  Jika  datalebih  sering  ditulis  dibandingkan  dibaca,  maka  akan  lebih  baik  dipilih  tehnik  yang  lebihbaik  /  mahal  untuk  kompresi  dan  tehnik  dekompresi  yang  sederhana.  Pada  beberapasistem interaktif, kemampuan browsing yang cepat sangat dibutuhkan. 
  •  Grafik.   Untuk   beberapa   interface   modern,   hal   ini   merupakan   masalah   umum   yangdihadapi.  Kadangkala  dengan  koding  dapat  dikurangi  waktu  yang  dibutuhkan  untukoperasi   grafik.   Namun   hasilnya   dapat   bervariasi   untuk   beberapa   program   meskidijalankan  pada  hardware  yang  sama.  Sebuah  special-purpose  graphic  coprocessordapat ditambahkan pada komputer untuk menangani operasi grafi.
  •  Kapasitas  jaringan.  Kini  semakin  banyak  komputer  yang  terhubung  dengan  jaringan.Jaringan  dapat  dimanfaatkan  untuk  membagi  penggunaan  (sharing)  file  dari  remotemachinePada saat mengakses file tersebut, kecepatan / kapasitas jaringan yang akanmembatasi proses bukan memori lagi.
INTERAKSI
A.    Jenis Interaksi
Interaksi bisa dikatakan sebagai dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa jenis interaksi manusia (user) dan komputer :
  1. Command Line Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah).
    Contoh : Unix, Linux (Terminal, Console), DOS.
  1. Menu (Pilihan yang disediakan oleh suatu perangkat lunak)
    Contoh : Start Menu di Windows, Menu di dalam suatu aplikasi.
  1. Natural Language (bahasa alami)
    Contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.
  1. Question/answer and query dialogue
    contoh : mysql, dbase interaktif, dll.
  2. Form-fills and spreadsheets
    contoh : excel, lotus, openoffice spreadsheet.
  1. WIMP
    Windows Icon Menu Pointer
    Windows Icon Mouse Pulldown Menu
    yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.
B.     Model Interaksi
1.      Model Ikonik
Model ikonik adalah perwakilan fisik dari beberapa hal baik dalam bentuk ideal ataupun dalam skala yang berbeda.Model ikonik mempunyai karakteristik yang sama dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai untuk menerangkan kejadian pada waktu yang spesifik. Model ikonik dapat berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau tiga dimensi (prototip mesin, alat).
2.      Model Analog (Model Diagramatik)
Model analog, yaitu keadaan berubah menurut waktu. model ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak berkesusuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan klas-klas yang berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuanmembuat perubahan dapat ditingkatkan
3.      Model Simbolik (Model Matematik)
Format model simbolik dapat berupa bentuk angka, simbol, dan rumus. Jenis model simbolik yang umum dipakai adalah suatu persamaan (equation). Bentuk persamaan adalah tepat, singkat, dan mudah dimengerti. Simbol persamaan tidak saja mudah dimanipulasi daripada kata-kata, namun juga lebih cepat ditangkap maksudnya. Suatu persamaan adalah bahasa universal pada penelitian operasional dan ilmu sistem, dimana dipakai suatu logika simbolis. Permodelan mencakup suatu pemilihan dari karakteristik dari perwakilan abstrak yang paling tepat pada situasi yang terjadi. Pada umumnya, model matematis dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian. Suatu model adalah bisa statsik atau dinamik. Model statik memberikan informasi tentang peubah-peubah model hanya pada titik tunggal dari waktu. Model dinamik mampu menelusuri jalur maktu dari perubahan-perubahan model.








BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN & SARAN
A.    Kesimpulan
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini atau sinyal (data) yang diterima oleh sistem, contohnya, data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara, Unit output merupakan sinyal atau data yang dikirim dari input. Output biasanya, digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi atau program yang sedang di jalankan atau software yang sedang dilaksanakan termasuk sistem operasi yang disusun menjadi sejumlah proses sequential.  Operasi-operasi terhadap proses antara lain :
1.      Penciptaan proses (create process)
2.      Penghancuran/terminasi proses (destroy a process)
3.      Penundaan proses (suspend a process)
4.      Pelanjutan kembali proses (resume process)
5.      Pengalihan proses
B.     SARAN
Penulis menyadari banyak terdapat kekeliruan dalam penulisan makalah ini, maka penulis mengharapkan masukan dan kritikan yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan  makalah ini. Atas masukan kritikan dan sarannya penulis ucapkan terima kasih.



DAFTAR PUSTAKA


Gunadarma, Singgih. TOT – Sistem Operasi 4 – 6.pdf.
Danang Lelono, S.Si., M.T – Manajemen Proses.ppt.
http://fadhilahpratama.blogspot.com/2010/10/perkembangan-input-device-dan-output.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar